Written by Jefri Pakpahan / Cloud

Posted with : Cloud, Openshift, PaaS, Wordpress


Apa itu cloud computing? dalam blog teknoinfo.web.id dijelaskan bahwa Cloud Computing adalah topik yang sedang hangat dibicarakan dan lambat laun para IT professional akan mengadaptasi teknologi ini.

Di blog tersebut pun dijelaskan beberapa teknologi cloud service, seperti :

- Infrastucture as a Service (IaaS)

- Platform as a Service (PaaS)

Software  as a Service (SaaS)

Disini kita akan mencoba menggunakan salah satu cloud service (Paas) gratis pada OpenShift by Red Hat. Karena masih versi Beta (gratis) dan belum commercial (berbayar) tidak disarankan untuk membuat website yang akan di pakai untuk waktu yang lama di OpenShift.

Sebelumnya kita perlu register accout OpenShift dan menginstall client tools. butuh menginstall :

- Ruby

- RubyGems 

Lalu setelah register dan menginstall client tools, login ke Account OpenShift di https://openshift.redhat.com/app/login , setelah masuk ke dashboard Openshift, kita set dahulu namespace agar aplikasi kita unik dan menghindari url yang sama, klik tab My Account

openshift namespace

Lalu klik tab create application.

OpenShift create application

Pilih aplikasi Framework / CMS yang akan kita install, disini saya memilih WordPress, lalu masukkan nama aplikasi yang akan kita buat dalam namespace ea-rhcloud.com disini saya memakai http://blog.ea-rhcloud.com klik Create Application.

Tunggu hingga proses Configure new Application selesai.

Ya Anda telah berhasil menginstall WordPress di OpenShift, buka alamat url nya, disini http://blog-ea.rhcloud.com dan jangan lupa mengganti password default adminnya. jika Anda ingin mengclone directory dari WordPress dapat menggunakan git clone (url yang di sebutkan pada akhir instalasi).  contoh : git clone ssh://[email protected]/~/git/blog.git/

Anda juga dapat mengimport data WordPress menggunakan phpmyadmin, tetapi sebelumnya harus Add Cartridge, lalu pilih phpMyAdmin 3.4, maka Anda dapat mengimport melalui url http://blog-ea.rhcloud.com/phpmyadmin.

NB : website saya http://www.jefri-p.com sedang mencoba OpenShift, mudah-mudahan gratisannya lama (hidup gratisan!).

Sekian dan selamat mencoba (mumpung gratis) :D.

Sumber Bacaan :

http://teknoinfo.web.id/teknologi-cloud-computing/

https://openshift.redhat.com/app/getting_started



blog comments powered by Disqus