Written by Jefri Pakpahan / staff.blog.ui.ac.id, Java

Posted with : Cloud, Cloud Foundry, Java, Play! Framework


Setelah beberapa bulan saya menggunakan layanan cloud Openshift untuk mencoba-coba layanan cloud PaaS yang 'gratis', gratis disini tidak berbayar tetapi dibatasi namun cukup untuk mencoba-coba layanan cloud (biar ga ketinggalan jaman :D). Layanan tersebut mendukung Java, Ruby, Node.js, Perl serta PHP, kebetulan saya lebih mengerti PHP jadi menarik perhatian saya dan sudah mencoba openshift untuk blog saya (wordpress) menggunakan layanan tersebut.

Layanan cloud pada openshift tergolong sangat stabil dan cepat (dalam hal akses website dan update plugin blog). Namun baru-baru ini saya mencoba layanan Cloud Foundry yang merupakan layanan cloud PaaS juga, dari segi layanan belum mendukung PHP (atau saya belum tahu) tetapi keterbatasan yang ada di Openshift dalam hal command untuk mengupload menggunakan git lewat ssh yang mana tidak bisa saya lakukan untuk ssh keluar dari sini (kantor), kelebihan menggunakan Cloud Foundry ialah GRATIS (juga) dan dapat mengupload aplikasi yang sudah di compile ke cloud tanpa harus menggunakan git yang ssh keluar, sehingga memudahkan saya untuk mengupload. Commandnya adalah menggunakan cloud foundry command line yaitu vmc yang dapat diinstall dengan menggunakan gem install vmc (yang sebelumnya sudah menginstall ruby dan gem), ya cukup mudah.

Saya mencoba mengupload sampel aplikasi Play! Framework melalui tutorial, kenapa Play!?ya karena saya kesengsem dan sedang mempelajari Framework tersebut yang mendukung bahasa Java dan Scala, what a nice ;)

Pertama masuk ke directory sample play -> cd /Users/jefripakpahan/play/play-2.0.4/samples/java/zentasks

Dari directory tersebut kita compile aplikasi sampel menjadi aplikasi zip yang akan di upload dengan command : play2 -Dconfig.file=conf.cf dist

Dan akan menghasilkan zentasks-1.0.zip yang akan di upload, berikut screenshoot

Berikutnya adalah menguploadnya ke Cloud Foundry dengan command : vmc push --path=dist/zentask-1.0.zip

Dengan menggunakan services (db) postgresql

Dan setelah sukses tinggal buka url Application Deployed URL semisal : http://zentasks-jef.cloudfoundry.com

Halaman login

Halaman Home

So easy right?

Jadi ingin memperdalam lagi Play! Framework. :)

*Tambahan : Play 2.0.4 untuk bisa jalan di Cloud Foundry butuh tambahan library auto reconfiguration, taruh di folder lib*



blog comments powered by Disqus